Pages

Jumat, 24 Januari 2014

Dinasti Chin (Cina Kuno)



Pada zaman dinasti Chin ini mulai dirintis pembangunan Tembok Raksasa Cina (The Great Wall) yang panjangnya 2430 km, tinggi 16 m dan lebar 8 m. Tembok raksasa ini dibuat untuk menangkal serangan-serangan bangsa Mongol dari arah utama yang sewaktu-waktu bisa terjadi.
Hasil budaya Cina Kuno
1.      AGAMA
Selain ajaran-ajaran Taoisme dan konfusionisme, bangsa Cina mempercayai adanya:

a.       Dewa
Orang Cina menyembah Dewa Shang-ti atau Dewa Langit, yang merupakan dewa tertinggi. Selain itu ada dewa lain yang disembah yaitu:
-       Fang pa atau Dewa Angin, dan
-       Lei Shik atau Dewa Angin besar.
Dewa ini digambarkan sebagai ular naga besar.
Orang sering menamakan “L’eong”.
b.      Kekuatan alam
Kekuatan alam seperti: kilat, guruh/guntur, arus sungai yang deras, bintang dan matahari, dipercayai oleh orang-orang Cina Kuno, karena pengaruh terhadap kehidupan manusia. Keadaan alam yang sedang terjadi, pada waktu bayi masih dalam kandungan, akan mempengaruhi sifat-sifat kelakuan anak kemudian hari.
c.       Arwah leluhur
Arwah leluhur atau arwah nenek moyang sangat dihormati, sebab arwah-arwah ini bisa membantu kehidupan anak cucu yang masih hidup, tetapi akan “murka” apabila anak cucu yang masih hidup tidak mau tahu atau tidak mau menghormati arwah nenek moyang mereka.
2.      SENI SASTRA
Sejak dinasti Syang, orang-orang Cina sudah mengenal adanya tulsan yang bernama piktograp, yaitu tulisan dengan tanda-tanda gambar tertentu, disebut huruf Kanji. Pada permulaannya, cara menulisnya digoreskan pada bambu yang dibelah. Setelah orang Cina dapat membuat pensil (pit), cara menulisnya pada sutera. Selanjutnya, setelah mengenal kertas, seperti cara menulis pada umumnya, dipakailah kertas untuk menulis.
3.      ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
Bangsa Cina sudah memiliki ilmu-ilmu pengetahuan, yaitu:
-       Ilmu perbintangan (astronomi) untuk menentukan perhitungan kalender: jumlah hari dalam bulan dan tahun. Bintang-bintang penunjuk arab pelayaran, pertanian dsb.
 Bintang sebagai peramalan atau nujum (astrologi), yaitu pengetahuan tentang hal-hal yang bakal terjadi sudah diketahui sebelumnya berdasarkan perbintagan atau rasibintang tertentu.
-       Teknologi/rancngan bangun dan rekayasaan:
-       Peninggalanya berupa tembok raksasa, istana kaisar, benteng-benteng dsb.
-       Kerajinan: keramik, porselin, lak dan gelas.
-       Sipoa, alat untuk menghitung, yang masih dipakai sampai sekarang (alat untuk memudahkan hitung-menghitung).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar