Pages

Jumat, 24 Januari 2014

MEMBAHASA PERADABAN LEMBAH INDUS DAN MENUNJUKKAN HASIL-HASIL KEBUDAYAAN


      Di India ditemukan lokasi kebudayaan kuno yang timbul di Lembah Sungai Indus dan Gangga. Lembah sungai ini terletak pada wilayah yang terlindungi, sehingga tidak banyak peristiwa-peristiwa berebut seperti di Lembah Sungai Eufrat-Tigris dan Lembah Sungai Kuning. Namun demikian bangsa Arya dapat menerobos masuk ke India lewat Kaiber Pas dan menduduki Lembah Sungai Gangga.

1.      MOHENJO DARO DAN HARAPPA
Pada th. 1921 Sir John Marshall (Inggris) mengadakan penelitian sejarah kuno di Lembah Sungai Indus dan Gangga. Dalam penggaliannya itu dapat terungkap adanya pusat-pusat kebudayaan kuno pada th. ±2500 SM.
Di Lembah Sungai Indus ditemukan pusat kebudayaan Mohenjo Daro dan Harappa. Karena lokasinya itu ada di Lembah Sungai Indus, maka Mohenjo Daro dan Harppa disebut juga Kebudayaan Lembah Indus. (S. Indus juga disebut S. Sindhu).
            Hasil-hasil temuan dari penggalian Sir John Marshall tersebu antara lain :
a.       Keagamaan:
Di Mohenjo Daro ditemukan adanya bekas kolam yang besar, ada kemungkinan bekas kolam untuk mengadakan upacara keagamaan mandi bersama. Upacara kebudayaan mandi ini juga dilakukan umat Hindu di India di Sungai Gangga.
Di Harappa ditemukan patung-patung semacam Syiwa yang dipuja para pemeluk agama Hindu di India.
Ada kemungkinan bahwa penduduk di Harappa di masa itu sudah menganut suatu kepercayaan.
b.      Kebudayaan:
Kebudayaan penduduk di Mohenjo Daro dan Harappa sudah sangat tinggi, hari ini dapat diketahui dari hasil penelitian Sir John Marshall, yaitu:
-          Kota Mohenjo Daro dan Harappa dibangun berdasarkan rancangan tata kota yang maju.
-          Jalan-jalan di kota itu dibuatnya lurus, lebar dan teratur sekali.
-          Sudah ada bangunan gedung bertingkat dengan pipa-pipa untuk pembuangan air ke bawah yang disalurkan ke bawah slokan –slokan (got) bawah tanah.
-          Sudah mengenal sanitasi, yaitu sistem penyediaan air bersih untuk penduduk. (Mungkin sama dengan untuk MCK, sekarang). Hal tersebut diketahui adanya sistem pembuangan air yang teratur.
-          Seni lukis juga sudah mereka kenal, hal ini terbukti dengan temuan-temuan beripa hiasan-hiasan dengan lukisan berupa: gajah, kerbau, harimau, benteng dll.
Keruntuhan kebudayaan Mohenjo Daro dan Harappa belum dapat diketahui sebabnya secara pasti, ada kemungkinan bangsa Arya yang menduduki Lembah Sungai Gangga juga menggempur kedua kota tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar